5 Latihan Untuk Meningkatkan Kekuatan Otot Punggung

Punggung merupakan bagian tubuh yang punya fungsi penting sama seperti bagian tubuh yang lain. Itulah kenapa, otot pada bagian punggung harus di latih supaya kuat sehingga dapat menjaga posisi tubuh tetap tegak.

Skola, bagian punggung di mulai dari leher sampai dengan tulang ekor. Pada aktivitas sehari – hari, otot punggung seringkali bekerja saat tubuh membawa beban. Itulah kenapa, latihan untuk meningkatkan kekuatan otot punggung sangat di butuhkan supaya tubuh tetap tegal serta menjaga tubuh agar tidak bungkuk.

Latihan meningkatkan kekuatan otot punggung bisa kalian lakukan dengan rutin selama 15 menit tiap hari. Gerakan – gerakan untuk melatih kekuatan otot punggung juga cukup gampang di lakukan. Untuk meningkatkan kekuatan otot punggung, kalian bisa lakukan latihan back up.

Back up sendiri adalah salah satu jenis latihan fisik yang bisa di lakukan untuk meningkatkan kekuatan otot punggung. Selain back up, masih ada juga beberapa jenis latihan lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot punggung.

Lalu, olahraga apa saja sih yang bisa membangun otot punggung? yuk simak.

1.Deadlift

Deadlift merupakan sebuah kombinasi untuk menambah kekuatan serta massa otot pinggul, paha belakang, serta punggung. Deadlift bisa di lakukan dengan cara memakai alat beban atau semacam barbell.

2.Back Up

Back up merupakan sebuah bentuk latihan yang di lakukan untuk menguatkan otot punggung. Dengan melakukan kontraksi pada area punggung dengan perhitungan serta waktu yang tepat, maka bisa menguatkan otot punggung dengan lebih baik.

Otot punggung sendiri punya peran yang sangat penting dalam mempertahankan posisi tulang belakang. Kalau berlatih back up dengan benar, maka hal ini akan mengurangi risiko cedera tulang belakang yang bisa saja terjadi.

3.Sit Up

Sit up merupakan sebuah aktivitas fisik yang bisa di lakukan di rumah serta tak butuh alat bantu. Gerakan sit up juga sangat efektif untuk membuat otot pinggul, perut, punggung bawah, serta leher jadi lebih kencang.

4.Plank

Plank merupakan sebuah jenis latihan fisik yang dapat membantu mengencangkan otot dada, perut, punggung, dan juga bahu. Gerakan ini akan bisa kalian lakukan selama satu menit saja pada aktivitas workout kalian.

5.Pull Up

Pull up adalah sebuah gerakan olahraga yang punya banyak sekali manfaat untuk kebugaran serta kesehatan tubuh. Otot tubuh yang terlatih saat melakukan gerakan pull up di antaranya adalah otot bisep dan juga otot punggung.

Caranya adalah dengan kalian menggenggam pull bar atau palang horizontal dengan telapak tangan menghadap ke depan. Aturlah genggaman tangan kalian sedikit lebih lebar dari baju dan pastikan kedua kaki dalam posisi menggantung bebas.

Tariklah tubuh kalian ke atas sambil membuang napas perlahan. Lakukan gerakan ini sampai dagu sejajar atau sedikit di atas palang. Setelah itu, turunkan tubuh kalian ke posisi awal sambil menarik nafas. Pastikan kalau posisi turun sampai kedua siku benar – benar lurus. Ulangilah gerakan ini beberapa kali sesuai dengan kemampuan kalian tanpa kaki menyentuh lantai.

Itulah beberapa gerakan olahraga yang bisa membantu kalian membangun otot punggung yang kekar dan kuat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu saja kalian butuh latihan yang disiplin setiap hari walaupun hanya dalam waktu yang sebentar saja. semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang mau membangun otot punggung.